Perbedaan Repeater dan Router

Perkembangan Ilmu Teknologi semakin pesat, apalagi yang berhubungan dengan Teknologi Informasi  dan komunikasi atau yang lebih dikenal dengan TIK.

Perkembangan yang dirasa saat ini kita dapat mengetahui informasi dalam segala bidang, dan mendapatkan informasi yang sedang up to date.

Untuk mendukung kestabilan koneksi jaringan telekomunikasi maka harus ada komponen-komponen pendukungnya, salah satu komponen penting dari jaringan adalah repeater dan juga router.
Dua perangkat keras repeater dan router ini tentu saja mempunyai perbedaan dari masing-masing hal, cara kerja dan fungsinya.

Sebelumnya berikut sedikit pengertian dari Repeater dan manfaatnya

1. Repeater
    Repeater adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi menguatkan sinyal khususnya pada jaringan tanpa kabel atau lebih dikenal dengan jaringan nirkabel.
Sebagai repeater akan menerima sinyal lalu akan menyebarkan kebali dengan sinyal yang lebih kuat sehingga sinyal tersebut dapat mencapai daerah yanng lebih luas lagi, selain itu repeater lebih praktis karena ia tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan antar jaringannya.

Repeater sendiri tersusun dari beberapa komponen, berikut komponen dan penjelasannya

a. Penerima sinyal
    Memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari pemancar lain, bisa berupa antena yang diletakkan sangat tinggi.

b. Penguat sinyal
    Memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal yang sudah di terima dari pemancar

c. Pemancar sinyal
    Memiliki fungsi memancarkan sinyal yang telah di terima dan di kuatkan lagi

Jadi dengan repeater ini kita akan terhubung satu sama lainnya hingga jarak yang lumayan jauh

Manfaat dari Repeater

Berikut manfaat dari repeater

a. Repeater memantu telepon seluler/Handphone (HP) mendapatkan sinyal
    Bisa dibayangan jika tidak ada repeater maka jangkauan sinyal dari tower BTS pastinya akan sangat terbatas dan akan sulit untuk menelpon karena sinyal tidak tersebar luas.
Dengan repeater sinyal bisa tersebar luas bahkan sampai daerah terpencil, selain itu dengan adanya repeater operator telepon jadi tidak perlu membangun banyak tower BTS .

b. Repeater dapat memperlancar pengiriman informasi dan data
    Dengan repeater seseorang di daerah terpencilpun masih bisa mendapatkan informasi dan dapat mengakses informasi dan data dengan mudah.

c. Repeater tidak membutuhkan kabel
    Dengan adanya repeater jaringan lebih sederhana, dan juga tanpa membutuhkan kabel yang sangat panjang. Dan yang pasti lebih praktis dengan adanya repeater.

Dan Berikut Perbedaan antara Repeater dan Router

Perbedaan repeater dan router bisa dilihat dari berbagai sisi, setiap komponen jaringan harus terhubung satu dengan yang lainnya untuk membentuk kesatuan sehingga dapat beroperasi dengan baik dan sistematis.
Jika salah satu bagian tidak ada maka kinerja dari jaringan pun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, begitupun dengan repeater dan router.

1. Perangkat Repeater dapat meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel tanpa harus memindahkan suatu perangkat komputer atau komponen routernya. Sedangkan router sendiri dapat diartikan sebagai seuah alat yang berfungsi mengirimkan paket data melalui jaringan menuju perangkat tertentu.

2. Repeater dapat diletakkan diantara komputer dan router dengan syarat jika jarak komputer dan router sangat jauh, tanpa repeater maka sinyal yang diterima oleh komputer akan semakin melemah.  Sedangkan router hanya bersifat statis, dan ia tetap sebagai penghubung antar jaringan dengan kekuatannya tetap sama meskipun jarak dengan komputer jauh atau dekat.

3. Repeater hanya akan efektif dipakai jika terdapat jaringan yang langsung terhubung ke banyak komputer dan berjarak jauh, jika jarak antara komputer dan router didekatkan maka penggna repeater justru menjadi tidak efektif karena boros karena membutuhkan supplai listrik lagi. Sedangkan router sangat efektif jika berada dalam lingkup ruangan kecil dengan jumlah perangkat penerima yang lebih sedikit.

4. Cara kerja repeater bersifat menyebar secara bebas kepada setiap perangkat yang kompatibel dan jangkauannya luas. Sedangkan router memiliki kemampuan untuk mengetahui kemana arah router perjalanan paket data baik menuju host lain dalam satu jaringan maupun dalam jaringan lain

5. Kekurangan repeater yaitu harus diletakkan di posisi tinggi , jika tidak maka sinyalnya lemah dan tidak dapat menyebar dengan sempurna. Sedangkan kekurangan router yaitu harus menggunakan IP address didalam setiap pengiriman data.

Kesimpulannya setelah penjelasan diatas bahwa perkembangan teknologi nirkabel semakin berkembang pesat apalagi jika didukung oleh beberapa komponen penunjang seperti repeater.
Di masa yang akan datang repetater akan semakin berguna karena setiap orang menyukai ponsel daripada telepon biasa karena bisa dibawa kemana-mana, sedangkan router sebagai jembatan dalam proses pengiriman data, tanpa adanya router data yang berisi informasi tidak dapat terkirim dan diterima oleh perangkat komputer dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2