Sering menggunakan smartphone bisa mengalami gangguan mental?

Zaman sekarang setiap orang menghabiskan lebih banyak waktunya untuk menggunakan smartphone, bahkan hampir setiap setiap menit perlu memeriksa smartphone nya meski tanpa ada notifikasi yang muncul di layar smartphone. Efek burunya bagi pengguna smartphone selain meningkatkan kecemasan seseorang, perilaku sering memeriksa notifikasi/pemberitahuan di smartphone bisa mengganggu kemampuan fokus bahkan bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Sejumlah penelitian mengungkapkan  bahwa pengguna media sosial atau yang kita kenal dengan medsos bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental. Pihak Facebook juga mengakui, penggunaan pasif jejaring sosial milik facebook membuat suasana hati pengguna facebook menjadi negatif.

Bahaya smartphone bagi manusia

Sejumlah investor kabarnya mengupayakan agar produsen menciptakan teknologi baru sehingga pengguna bisa mengurangi kecanduan mereka menggunakan smartphone. Namun apabila merasa sudah terlalu kecanduan dan ingin mengurangi penggunaan smartphone, berikut beberapa upaya sederhana yang bisa membantu.

1. Matikan Push Notifikasi yang tidak perlu
    Cara sederhana yang pertama agar tidak terlalu sering memeriksa smartphone yaitu mematikan notifikasi yang kita anggap tidak penting dari aplikasi media sosial maupun aplikasi chat. Cukup buka pengaturan dan pemberitahuan di smartphone, lalu kelola notifikasi yang harus muncul dan tidak atau bisa langsung mematikan atau menonaktifkan notifikasi melalui aplikasi tersebut.

2. Mengatur waktu kapan memeriksa Smartphone
    Jika sebelumnya setiap menit harus membuka dan memeriksa smartphone, kini manfaatkan untuk mengatur kapan boleh membuka dan memeriksa smartphone, bisa mulai dengan 15 menit sekali, 30 menit sekali atau sesuai kebutuhan kita masing-masing.

3. Menyingkirkan Aplikasi pengalih perhatian di layar utama smartphone
    Kecanduan sering menggunakan smartphone umumnya banyak disebabkan oleh aplikasi yang menarik perhatian untuk memeriksa smartphone. Pada awalnya ingin memeriksa cuaca kemudian chat, lalu tanpa sadar beralih ke media sosial lainnya seperti facebook dan instagram.
Taruh aplikasi yang dianggap tidak penting untuk diunakan pada layar smartphone dibagian depan dan tengah lalu simpan aplikasi yang ingin dibatasi penggunaannya dengan folder di layar berikutnya. Atau bisa juga menghapus aplikasi tertentu seperti facebook dan mengalihka penggunaannya dengan browser di smartphone.

4.Jauhkan Smartphone dari tempat tidur
    Jangan biarkan penggunaan smartphone menjadi aktivitas terakhir sebelum tidur dan pertama setelah bangun tidur. Pergunakanlah alarm biasa dan isi ulang baterai smartphone jauh dari jangkauan , agar tidak memulai aktivitas pertama setelah bangun tidur dengan melihat dan memeriksa smartphone.

Itulah beberapa upaya untuk mengurangi kecanduan terhadap penggunaan smartphone, yang pasti segala sesuatu yang berlebihan itu akan berdampak negatif. Mulai kurangi ketergantungan menggunakan smartphone mu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2