Cara ganti nomor WhatsApp dan apa yang terjadi setelah menggantinya

Cara mengganti nomor WA atau WhatsApp sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan tanpa menghapus akun WhatsApp ataupun meng uninstall aplikasi WhatsApp.
Namun masih sangat sedikit dari pengguna aplikasi WhatsApp yang tahu apa yang terjadi setelah kita menggati nomor WhatsApp, karena mungkin sebelumnya pernah menggantinya.
Pada dasarnya mengubah nomor WhatsApp tidak akan mengakibatkan hal yang serius, akan tetapi orang tidak akan bisa menghubungi ke nomor WhatsApp lama baik panggilan atau chat karena sudah kita ganti nomor WhatsApp nya.

Saya sarankan sebelum megganti nomor WhatsApp sebaiknya cadangkan atau backup terlebih dahulu akun WhatsApp, karena jika ada kendala atau masalah saat pergantiaan nomor WhatsApp, chat lama masih bisa dikembalikan.

Cara mengganti nomor WhatsApp (WA)

Untuk mengganti nomor WhatsApp tanpa hapus akun WhatsApp dan uninstall aplikasi WhatsApp, caranya cukup mudah.
Berikut ini langkah-langkahnya

  1.  Buka aplikasi WhatsApp seperti biasanya, lalu pada pojok kanan pilih menu Setelan atau Settings.
  2. Pilih menu Akun
  3. Pada menu Akun pilih menu Ganti nomor
  4. Klik Lanjut dan masukkan nomor WhatsApp lama dan nomor WhatsApp yang baru, kemudian pilih Selesai.
  5. Tunggu kode verifikasi yang dikirim ke nomor WhatsApp baru, dan isikan kode tersebut Setelah memasukkan kode Verifikasi benar maka nomor akun WhatsApp kita telah berganti dengan nomor WhatsApp baru.


Apa yang terjadi setelah mengganti nomor WhatsApp

  • Jika kita tergabung dalam grup WhatsApp maka pada akun akan terlihat kita telah mengganti nomor baru di grup tersebut, dan tidak menyebabkan keluar dari grup WhatsApp tersebut.
  • Jika kita sebagai admin grup WhatsApp yang terjadi sama seperti penjelasan diatas, hanya terlihat kita telah mengganti nomor, dan masih menjadi admin grup tersebut.
  • Jika ada orang yang mengirim chat ke nomor WhatsApp lama maka tidak akan terkirim dan hanya centang satu, karena nomor tersebut sudah tidak digunakan untuk akun WhatsApp lagi dan karena tidak di teruskan secara otomatis ke nomor WhatsApp baru sebaiknya kita memberitahu kontak teman atau saudara yang dianggap penting supaya tetap bisa menhubungi atau kirim chat.
  • Semua chat dan media foto atau video yang sudah diterima maupun di kirim via WhatsApp akan tetap tersimpan di folder WhatsApp pada gallery smartphone.
  • Nomor kontak teman, saudara, dll akan tetap ada jika tidak mengganti smartphone
  • Orang lain tidak akan mengetahui nomor kita ganti, kecuali berada dalam satu grup WhatsApp.
  • Nomor yang sudah di blokir sebelumnya, pada daftar blokir nomor akan hilang karena nomor yang diblokir pada nomor WhatsApp lama.
  • Setelah ganti nomor tidak bisa melihat status teman, saudara, dll? Jika ini terjadi kemungkinan besar nomor WhatsApp baru kita belum disimpan oleh teman, saudara, dll dan masih berada pada settingan privasi status hanya bisa terlihat oleh nomor kontak yang ada pada smartphone nya. Jika iya, sebaiknya beritahu nomor WhatsApp baru kita untuk disimpan.
Jadi mengganti nomor WhatsApp, tanpa menghapus akun WhatsApp dan tanpa meng uninstall aplikasi WhatsApp hanya melalui setelan > akun > ganti nomor itu sangat aman.
Jika masih ragu sebaiknya cadangkan atau backup sebelum mengganti nomor WhatsApp terlebih dahulu ke Google Drive untuk jaga-jaga terjadi kegagaln saat verifikasi nomor baru.

Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat dan membantu.
Jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar
Terimakasih

6 Responses to "Cara ganti nomor WhatsApp dan apa yang terjadi setelah menggantinya"

  1. Bang, klo semisal kita ganti no WA yg kebetukan kan sy punya grup WA. Apakah sy masih bisa menerima pesan dr sesama member grup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa gan, di grup otomatis ada notif ke semua member grup bahwa nomor agan ganti

      Hapus
  2. Trimksih!
    Sangat membantu.

    BalasHapus
  3. Mau tanya saya mau ganti nomer wa tp sblm nya ada contak yg saya blokir nah apakah contak yg saya blokir itu tahu jika saya mengganti nomer wa saya tersbut mksh gan

    BalasHapus
  4. Tepatnya skg sdh ganti nomer wa baru sblmnya ada contak yg saya blokir nah apakah tabu jk saya sdh ganti nomer wa apakah ada pemberitahuan gan di hp nya bahwa saya sdh ganti no wa mksh

    BalasHapus
  5. Nomor yang udah saya blokir tau atau tidak kalo saya ganti nomor?

    BalasHapus

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2