Daftar Software Antivirus terbaik yang ringan untuk komputer dan gratis


Di Zaman modern ini sebuah PC memiliki peran penting bagi penggunanya, dan bisa membantu kita mengerjakan berbagai pekerjaan secara mudah dan menjadi praktis. Oleh sebab itu kita harus pintar untuk merawat perangkat komputer atau yang lebih dikenal dengan PC supaya menjadi awet dan menjadi tahan lama.
Selain merawatnya dari sisi Hardware atau perangkat kerasnya kita juga harus memperhatikan sisi Software atau perangkat lunaknya juga yang rawan akan serangan virus.

Virus komputer akan menakutkan bagi pengguna komputer apabila dibiarkan saja, dan banyak PC yang rusak akibat mengabaikan virus dan malware yang menyerang PC kita.
Virus sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah program yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, dengan begitu mereka bisa mengganggu jalannya kinerja dari perangkat tersebut sehingga tidak berjalan secara maksimal.

Ancaman virus ini menjadi perhatian khusus bagi para developer atau pengembang suatu Sistem Operasi, namun biasanya dalam OS sendiri sudah disertakan sebuah Antivirus yang bertujuan untuk menangkal serangan virus dan malware. Akan tetapi Antivirus bawaan dari Sistem Operasi mempunyai kinerja yang dirasakan kurang bagus, oleh sebab itu jika kita ingin mendapatkan keamanan yang lebih baik diperlukan software Antivirus dari pihak ketiga.

Ada banyak sekali software Antivirus yang bisa menjadi pilihan untuk mengamankan perangkat komputer kita, ada yang berbayar dan juga ada banyak software Antivirus yang bisa di download secara gratis.

Daftar Antivirus terbaik yang ringan untuk komputer dan gratis

1. AVG

Software Antivirus ini sudah cukup populer di kalangan pengguna komputer karena software AVG ini sudah terbukti mampu memproteksi dan memiliki kinerja yang baik dalam hal mengamankan perangkat komputer dari serangan virus dan malware.
Dengan software gratisnya saja fitur yang mereka tawarkan sudah sangat baik untuk mengamankan perangkat komputer kita dari serangan virus dan malware.

2. Avast

Software Antivirus selanjutnya yaitu Avast, dengan memasang Avast pada perangkat komputer kita akan menyulitkan virus yang mencoba menerobos masuk kedalam sistem operasi, software antivirus Avast ini juga terdapat fitur firewall sehingga kita bisa berselancar di internet dengan aman dan tanpa takut akan ancaman virus. Avast juga menyediakan fitur menarik yaitu password manager untuk mengamankan berbagai aplikasi penting.

3. Avira

Pada software selanjutnya ada Avira yang tersedia dalam versi premium dan free, jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja. Tidak banyak perbedaan antara versi premium dan free, hanya pada laboratorium keamanan yang lebih baik dalam menghilangkan virus.
Setelah kita install Avira pada PC kita maka virus tidak akan berani untuk menjamahnya, Antivirus yang satu ini akan langsung melibas semua virus dan malware yang mengancam perangkat komputer kita.

4. Smadav

Software Antivirus selanjutnya yaitu salah satu produk dari Indonesia yaitu Smadav, merupakan software antivirus favorit dan paling populer di Indonesia.
Software antivirus ini memberikan proteksi tambahan kepada perangkat komputer kita dari serangan virus dan malware. Smadav juga dibekali fitur untuk mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus dan juga akan melakukan scanning otomatis jika ada flashdrive eksternal yang di tancapkan pada port usb.

5. Bitdefender

Kita beralih ke Software antivirus yang bernama Bitdefender, meskipun tidak begitu terkenal seperti software antivirus sebelumnya software ini terbukti sangat ringan sehingga bisa dijalankan pada perangkat komputer dengan spesifikasi rendah. Dari segi kinerjanya juga sangat cepat dalam melakukan scanning terhadap virus dan malware.

6. Comodo

Software antivirus yang satu ini bersifat portable sehingga tidak membutuhkan proses instalasi. Kita bisa menyimpan software antivirus Comodo ini pada falshdrive dan menggunakannya di beberapa perangkat komputer yang berbeda secara praktis dan mudah, selain itu fitur dari Comodo tidak kalah hebat, ia secara realtime akan memantau segala aktivitas yang terjadi pada perangkat komputer dan saat ada aktivitas yang dinilai membahayakan maka Comodo akan beraksi dan menghentikannya.

Semoga cocok untuk mengamankan perangkat komputer dari virus dan malware, dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "Daftar Software Antivirus terbaik yang ringan untuk komputer dan gratis"

  1. Dibanding yang lain, Avast masih jadi antivirus terbaik 2019 sih menurut ane.

    BalasHapus

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2