Cara Membuka Task Manager


Fungsi dari program task manager sangat beragam, antara lain untuk memantau segala pekerjaan atau aplikasi yang sedang berjalan, proses yang sedang berlangsung, service yang sedang di proses, performa dari CPU, menampilkan pemakaian memory dll. Kita juga bisa memanfaatkan program task manager untuk menghentikan program aplikasi yang sedang berjalan secara paksa.

Sering kali ketika perangkat komputer atau laptop mengalami hang karena terlalu banyak program aplikasi yang di buka, saat hang inilah task manager bisa sangat membantu untuk mengatasinya.

Dengan menghentikan program aplikasi secara paksa yang sedang berjalan yang kiranya memberikan beban terlalu berat pada perangkat yang menyebabkan hang atau not responding.


Cara Membuka Task Manager

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuka task manager, ternyata ada cukup banyak cara untuk menampilkan task manager. Kita bisa membuka task manager ini dengan beberapa cara, berikut beberapa caranya :

1. Shortcut Keyboard Ctrl+Shift+Esc

Untuk cara yang pertama bisa dibilang paling praktis dan mudah dan sudah banyak yang mengetahuinya. Cara termudah untuk membuka fitur yang satu ini yaitu menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc pada keyboard dengan cara menekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, maka task manager secara otomatis akan terbuka.


2. Shortcut Keyboard Ctrl+Alt+Delete

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini juga bisa membuka program task manager dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Delete pada keyboard secara bersamaan kemudian pada menu kita pilih Task Manager. 


3. Klik kanan Windows

Cara ini juga mudah untuk kita lakukan yaitu dengan klik kanan pada logo windows, dan pilih Task Manager. Atau juga bisa dengan tekan tombol Windows+X secara bersamaan kemudian akan muncul menu seperti klik kanan pada logo windows kemudian pilih Task Manager.


4. Klik kanan Taskbar

Selanjutnya juga tidak kalah mudah untuk mengakses task manager. Caranya adalah dengan klik kanan pada Taskbar yang berada di bagian bawah windows kalian, setelah itu akan muncul menu dan silahkan pilih Task Manager


5. Run

Untuk yang sudah terbiasa menggunakan fitur Run, yaitu buka Run dengan menekan tombol Windows + R di keyboard kita, kemudian ketikkan taskmgr dan klik Ok atau tekan tombol Enter. Maka task manager akan langsung terbuka.


6. Pencarian di Menu Start

Task Manager sendiri sama seperti software lain di komputer dan laptop, dengan kata lain juga bisa kita cari dengan lebih mudah lewat fitur windows search pada start menu. Caranya cukup klik menu start kemudian ketikan Task Manager, dan setelah hasilnya muncul tinggal kalian klik Open untuk membukanya.


7. Shortcut icon Task Manager

Bisa dibilang cara inilah yang paling ribet untuk membuka task manager, tapi bisa saja menjadi cara alternative untuk membuka task manager.

Memang agak ribet di awal tapi nantinya bisa jadi shortcut yang berguna.Silahkan buka Explorer dan pergi ke directory C:\Windows\System32, setelah itu cari file bernama taskmgr.exe kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Send to dan pilih Desktop (Create Shortcut).

Sekarang pada Desktop windows kita telah muncul sebuah shortcut task manager, dengan shortcut tersebut kita bisa dengan lebih mudah membuka program task manager hanya dengan double click atau klik 2x pada shortcut tersebut.


8. CMD (Command Prompt)

Untuk cara yang terakhir kita akan memanfaatkan fitur Command Prompt atau yang sering kita sebut dengan CMD, fitur ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan salah satunya juga bisa digunakan untuk dapat mengakses task manager secara cepat dan mudah. Yaitu dengan buka CMD kemudian ketikkan taskmgr atau taskmgr.exe lalu klik Ok atau tekan Enter. Maka program task manager akan langsung terbuka.


Demikianlah beberapa cara membuka task manager yang ada pada windows. Semoga dengan tutorial diatas bisa bermanfaat khususnya bagi pengguna windows yang belum tahu atau masih awam untuk membuka program task manager. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah.

0 Response to "Cara Membuka Task Manager"

Posting Komentar

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2