Cara uninstall aplikasi di PC dan Laptop, sampai bersih

Sama seperti di Smartphone/Android pada PC dan Laptop juga mempunyai banyak dan beragam aplikasi, game yang tak terhitung lagi jumlahnya, apalagi dengan pemasangan aplikasi atau game yang semakin dipermudah oleh pembuatnya.

Namun, banyak yang tidak tahu atau bahkan tidak peduli jika semakin banyak aplikasi dan game semakin lemot pula kinerja dari PC dan Laptop tersebut.
Masih banyak orang awam yang bingung bagaimana caranya menghapus atau meng uninstall aplikasi atau game tersebut, akibatnya aplikasi dan game menjadi menumpuk dan PC atau Laptop kita jadi lemot.

Menghapus atau uninstall aplikasi dan game bisa kita lakukan dengan muda dengan cara uninstall pada menu di control panel, akan tetapi hanya uninstall saja masih belum bersih karena biasanya registry aplikasi atau game tersebut masih tertinggal pada sistem Windows PC atau Laptop kita dan jika kita biarkan maka akan terus menumpuk yang biasanya disebut junk files.

Cara uninstall aplikasi di PC dan Laptop

1. Control Panel
    Buka menu Control Panel dengan mengetikkan "Control Panel" pada kotak pencarian Windows, atau dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan dan ketikkan "Control Panel" lalu tekan tombol Enter pada keyboard PC atau Laptop.

2. Uninstall a Program
    Setelah kita buka menu Control Panel kita pilih menu "Uninstal a Program", untuk memilih aplikasi atau game mana yang akan kita hapus atau uninstall.

3. Uninstall
    Klik pada aplikasi atau game dan pilih "Uninstall", atau klik kanan pada aplikasi atau game lalu pilih "Uninstall" untuk menghapus atau uninstall aplikasi atau game tersebut.

Pada langkah ini, kita harus berhati-hati dalam memilih aplikasi atau game yang akan kita hapus. Karena beberapa software yang terinstall bisa jadi aplikasi tersebut adalah software bawaan sistem operasi atau pun driver dari PC atau Laptop kita. Jika kita salah dalam menghapus kemungkinan akan terjadi  gangguan pada kinerja sistem operasi yang mengakibatkan error.
Maka dari itu kita hapus saja aplikasi atau game yang pernah kita Install saja, dengan begitu PC atau Laptop kita akan tetap aman.

4. Ikuti langkah Uninstall
    Setelah kita pilih Uninstall, kemudian kita hanya mengikuti langkah-langkah Uninstall sesuai prosedur. Karena setiap aplikasi dan game berbeda caranya untuk meng Uninstall dan caranya tidak jauh berbeda pada saat kita meng Install nya.

5. Finish
    Klik "Finish" jika muncul pop-up notifikasi bahwa aplikasi atau game yang kita Uninstall sudah selesai terhapus.

Untuk membersihkan registry dari aplikasi yang telah kita hapus, kita harus menggunakan aplikasi yaitu CCleaner.
Untuk cara membersihkan registry berikut langkah-langkahnya.
1. Download CCleaner.
2. Install Software CCleaner dan buka aplikasi nya.
3. Pilih menu "Registry".
4. Klik "Scan for issues" pada bagian bawah.

5. Kemudian akan muncul berbagai registry, klik "Fix selected issues..." untuk menghapus registry tersebut.

6. Saat kita klik "Fix selected issues..." akan muncul pemberitahuan untuk memback-up registry atau tidak. Pada langkah ini registry yang akan di back-up tersebut tidak begitu penting, namun untuk jaga-jaga kita bisa memback-upnya.

7. Kemudian klik "Fix all selected issues", maka registry akan terhapus lalu klik "close" jika sudah selesai menghapus registry.


Selamat...dengan ini semoga PC atau Laptop kita bisa lebih cepat kinerja.
Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

1 Response to "Cara uninstall aplikasi di PC dan Laptop, sampai bersih"

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2