Cara Daftar JLPT Secara Online [Jepang]





JLPT (japanese Language Proficiency Test) sudah dimulai sejak tahun 1984. Saat itu baru diadakan di 15 negara dan diikuti sekitar 7000 peserta. Sampai dengan tahun 2009 JLPT hanya di adakan satu kali dalam satu tahun yakni pada bulan Desember. Kemudian mulai tahu 2010 JLPT di adakan 2 kali dalam satu tahun yakni pada bulan juli dan bulan Desember. Hingga pada tahun 2011, JLPT diselenggarakan di 62 negara diseluruh dunia dan diikuti oleh 610 ribu peserta. Di setiap negara tanggal dan waktu ujian dilakukan serempak secara reaaltime sehingga menghindari praktek kecurangan dalam mengikuti ujian.

Di Jepang sendiri juga dilaksanakan ujian JLPT ini khususnya bai warga negara asing yang menetap atau tinggal di Jepang tak terkecuali bagi para Kenshusei dan Berbagai negara termasuk Kenshusei dari Indonesia.

Ada dua cara pendaftaran JLPT di Jepang, yaitu secara manual dan secara online

1. Pendaftaran secara Manual

Pendaftaran secara manual maksudnya adalah pendaftaran dengan cara mengisi formulir ujian, lalu mengirimkannya ke pusat panitia JLPT. Kalau saya dulu di kasih Formulirnya dari Sensei atau penanggung jawab Kenshusei atau juga bisa didapatkan di toko buku besar seperti BOJINSHA atau toko buku lainnya.

Setelah mengisi formulir, silahkan bayar biaya ujian dengan cara transfer di JP Bank yang pastinya tercantum di dalam formulir JLPT tersebut serta tata cara dan nomor rekeningnya.

Kalau tidak mempunyai ATM, bisa juga bayar di Kantor POS terdekat. Setelah membayar kirimkan formulir tersebut ke alamat yang telah di tentukan.
*Bagi yang tidak tau cara mengisi formulir nya bisa ditanya kan ke Sensei

2. Pendaftaran secara Online

Kalau menurut saya pendaftaran secara online ini lebih mudah, terutama anda yang jauh dari toko buku dan kantor POS. terus juga kalau daftar secara online bisa mengetahui hasil ujian langsung secara online tanpa menunggu surat cinta eh surat pengumuman dari penyelenggara JLPT nya ke alamat kita.

Langkah daftar JLPT secara online sebagai berikut :

a. Buka home page atau situs nya JLPT di sini / http://info.jees-jlpt.jp/ (saya sarankan pakai laptop atau pc kalau yang ngga punya pakai smartphone tapi dengan desktop view).

kemudian klik di [Acquistion of MyJLPT]

kemudian pilih [Individual] saja.

kalau bisa pilih yang [English] kalau bahasa Jepang nya belum mahir.

kemudian klik [Agree] kemudian isi formulir sesuai dengan data diri anda yang bertanda wajib diisi.

  • Name = tulislah dengan menggunakan huruf alfabet kapital atau huruf besar bukan dengan katakana.
  • Country/Region = pilih negara asal.
  • First Language = pilih bahasa negara asal.
  • seterusnya isi dengan data diri anda masing-masing.
dan yang terakhir klik [Confirm your registration]


Pada halaman selanjutnya atau halaman Complete akan muncul data yang anda masukan tadi untuk mengechek apakah sudah benar data yang sudah anda isi tadi, jika sudah benar dan sesuai klik [Register] kemudian nanti akan ada email masuk ke email yang sudah didaftarkan tadi saat mengisi formulir.
Pada email tersebut tercantum sebagai email konfirmasi. Jika sudah berhasil maka akan ada email lagi yang berisi tentang ID MyJLPT anda, catat ID tersebut agar memudahkan pada saat Log In. Untuk Log In bisa di sini untuk ID masukan ID yang sudah anda catat tadi dan untuk password nya masukan dengan password yang tadi anda isi pada saat mengisi formulir.
Untuk Mendaftar Shiken atau ujian JLPT nya setelah log in di sini pilih tab [Examination Application] lalu klik [Individual]
Setelah kita klik [Individual], maka akan ada Agreement lalu kita klik [I Agree] saja.
Kemudian isi formulirnya sesuai dengan level (N?), kota dan lain-lain nya.

Setelah mengisi formulir selesai lalu kita klik [To Pay test fee] dan klik ok jika test level dan test area nya sudah benar.
Kemudian metode pembayarannya kita pilih saja yang menggunakan konbini atau convenience store, lalu kita pilih konbini terdekat *misalnya di family mart dan isikan nama mu. dan klik [Payment convenience store] lalu tunggu email untuk 支払い (shiharai) dan 受付番号 (uketsukebangou) nya.

Setelah dapat email silahkan langsung ke mesin konbini dan bayarnya di kasir.
untuk pembayaran silahkan bacacara bayar jlpt di family mart
Untuk melihat hasil test bisa di klik di tab [Test result and certificate inssuance].

0 Response to "Cara Daftar JLPT Secara Online [Jepang]"

Posting Komentar

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2