Tips mengatasi MicroSD yang rusak


Kapasitas memori internal pada smartphone yang kecil dan terbatas mengharuskan penambahan memori eksternal dan sebagai perangkat keras tambahan, tidak lepas dari masalah dan salah satu masalah yang sering terjadi adalah tidak terbaca dan adanya file yang corrupt. Jika mengalami hal serupa, kini tak perlu khawatir.

Cara mengatasi MicroSD yang rusak
Berikut beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mengatasi MicroSD dari kerusakan.

1. Format  MicroSD dengan smartphone
    Tips ini bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone. Bagi pengguna android langsung saja masuk ke menu setting dan pilih storage, dan di menu storage pilih erase SDcard dengan demikian SDcard atau MicroSD akan kembali ke semula tanpa file tersisa.

2. Membersihkan lempengan tembaga pada MicroSD
    Tips selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membersihkan lempengan tembaga pada MicroSD, dengan cara keluarkan MicroSD terlebih dahulu dari smartphone setelah mematikan smartphone, kemudian bersihkan lempengan tembaga pada MicroSD menggunakan penghapus pensil, cottonbud, atau kain micro fiber.
bersihkan lempengan tembaga dengan penuh hati-hati jangan sampai ada goresan pada lempengan tembaganya, apabila sudah bersih masukan kembali MicroSD dan check di smartphone MicroSD nya sudah terbaca atau belum.

3. Mengecheck MicroSD dengan PC atau Laptop
    Masalah rusaknya MicroSD sangatlah banyak, ada saatnya situasi dimana MicroSD tidak terbaca pada smartphone akan tetapi terbaca pada PC/Laptop, dengan demikian ada 2 pilihan yang bisa dilakukan yaitu mengecheck kerusakan dan melakukan proses data MicroSD.

Sambungkan smartphone ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel data atau menyambungkan MicroSD dengan menggunakan Card reader ke PC/Laptop, jika sudah check pada PC/Laptop di windows explorer.


Caranya yaitu, kita hanya perlu klik kanan pada Drive MicroSD lalu pilih Properties kemudian pilih Tool dan pilih  Error checking. Setelah itu proses pemeriksaan akan berlangsung, jika proses sudah selesai eject MicroSD dan masukkan kembali MicroSD ke slot smartphone.
Jika belum terbaca pada smartphone, jalan keluar yang terakhir yaitu melakukan proses data dan jika masih terdapat file yang masih terbaca segera lakukan back up file terlebih dahulu dengan menyalin semua file ke PC/Laptop.

Demikian Tips mengatasi MicroSD yang rusak, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips mengatasi MicroSD yang rusak"

Posting Komentar

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2